Selasa, 13 Januari 2009

Penanganan Bibit Gaharu Cabutan/Stump

Berikut ini kami sampaikan beberapa catatan untuk mendukung keberhasilan pemeliharaan bibit gaharu (Aquilaria malaccensi) yang berasal dari cabutan/stump (pengiriman dari tempat lain) :

  • Pemeliharaan bibit yang berasal dari cabutan/stump harus terlebih dahulu dikondisikan dengan penyungkupan. Pemeliharaan bibit tanpa penyungkupan beresiko kegagalan walaupun bedeng pemeliharaan telah diletakkan di bawah naungan sekalipun. Ikuti petunjuk teknis pembuatan sungkup sebagaimana yang kami lampirkan. Sungkup terbuat dari plastic dan plastic sungkup tersebut dapat diperoleh dari toko peralatan pertanian atau toko plastic.
  • Media tanam sebaiknya merupakan campuran topsoil : kompos : pasir (2:1:1)
  • Penyiraman pertama harus betul-betul jenuh air dan penyiraman berikutnya hanya dilakukan jika media tanam terlihat kering. Dalam penyiraman tersebut dihindari membuka sungkup ukuran besar, cukup hanya dimasuki selang/lobang kecil.
  • Peletakan sungkup/bedeng pemeliharaan harus di bawah naungan tegakan (sebaiknya rindang) sehingga tidak ada sinar matahari langsung dengan intensitas tinggi dan lama. Paranet/shading net 75% diperlukan jika naungan tegakan kurang dan sebaiknya diatas sungkup diberikan lagi jerami/ pelepah daun kelapa/sawit. Periksa jika terjadi kebocoran pada sungkup.
  • Hindari membuka-tutup sungkup cukup sering. Dengan pembuatan sungkup yang tepat, kondisi di dalam sungkup akan terlihat mengembun dan tidak kering. Jika terlalu sering membuka dan menutup sungkup bibit beresiko kematian.
  • Setelah 3-4 minggu, sungkup dibuka secara bertahap, dilarang membuka sungkup sekaligus. Contoh : hari pertama dibuka 0,5 meter, hari kedua 1 meter dan seterusnya. Jika dibuka sekaligus bibit beresiko kematian.
  • Setelah dikeluarkan dalam sungkup, bibit dipeliharan dibawah naungan paranet dan sebaiknya juga di bawah tegakan agar tercipta iklim yang baik bagi pertumbuhan bibit.

(Cut Rizlani dan Aswandi)

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. izin bos.....

    jual bibit gaharu milik pribadi.

    Jual CEPAT bibit gaharu jenis Aquilaria Malaccensis.
    total +/- 25rb btg,siap tanam di lahan.
    rincian tinggi dan harga :
    tinggi 26-35cm, harga Rp,3000/batang = stok +/- 5.000btg
    tinggi 36-45cm, harga Rp,4000/batang = stok +/- 10.000btg
    tinggi 46-55cm, harga Rp,5000/batang =stok +/- 10.000btg

    minat hub/sms :
    Aldi 082391266798

    atau langsung kunjungi tempatnya
    alamat Jl.pekanbaru-bangkinang, km.36,
    desa kotoperambahan,
    kec.kampar timur,
    kab.kampar

    mkasih bos :)

    BalasHapus